Rabu, 28 Oktober 2009

Hari ini aku sediiih..................

pagi ini aku terbangun dengan mata terbelalak....
menatap tv sambil bergumam tiada henti.. mengucap takbir dan caci maki...
gedung dan manusia sama tak berbentuknya...sama tak berartinya...
semua hancur lebur....darah dan air mata bercampur baur...
aku sedih, marah, mencaci maki dengan sumpah serapah...
dalam derai air mata kupanjatkan doa doa semoga orang-orang yang tak tahu apa-apa itu diterima disisiNYA...

siang ini aku masih tetap didepan tv....
aku melihat banyak orang bicara dan saling silang pendapat...
semua bercerita sesuai versinya.... namun melebihi porsinya..
menduga-duga siapa pelaku dan apa motifnya...
sms dari teman-temanku banyak juga kuterima...
isinya pernyataan menuduh dan saling curiga..
ketika kutanya mereka sendiri tak tahu siapa pengirim pertama...

sore ini aku melihat pidato di tv...
banyak informasi mengejutkan yang kuterima..
disertai foto-foto yang tak kukira itu ada di Indonesia..
ternyata walaupun setiap hari aku buka internet dan baca semua media..
aku tetap ketinggalan berita..

malam ini aku masih didepan tv dan melihat banyak wawancara...
begitu banyak orang yang disebut tokoh berbicara..
terjadi lagi silang pendapat dan silang sengketa..
mereka bermain kata-kata yg banyak dari kita tak mengerti maknanya..

aku sediih.....
alangkah mudahnya bangsa ini di adu domba...
alangkah mudahnya mereka menerima berita dan menyebarkannya tampa logika dan fakta..
tak pernahkah terfikirkan bahwa kata-kata lebih tajam dari senjata..
tak taukah bahwa kata-kata yang salah menyebabkan banyak negara tinggal sejarah...

semua tahu...
teroris itu KEJAM!!!.... SEKEJAM-KEJAMNYA....
BANGSAT!!! ... sebangsat-bangsatnya manusia...
tapii KENAPA....?????
kenapa mereka mau menjadi teroris..???

jika saja mereka sibuk kerja dan tercukupi semua kebutuhannya..???
akankah mereka terpikat bujuk rayu dengan segala harta yang mereka sudah punya..???

jika saja mereka semua pintar dan berpikir dengan logika..???
akankah mereka menanggapi ajakan untuk menjadi pembunuh sesama..???

jika saja mereka merasa bahagia hidup ditengah keluarganya...???
akankah mereka korbankan semuanya dan mati dengan sia-sia..???

aku sediih...
kenapa kita saling tuduh dan saling curiga..
bukankah dengan begitu mereka akan makin tertawa...
kenapa kita tidak saling bahu membahu dan bantu membantu, agar kita menjadi negara maju..
biar mereka menjadi penjual yang berteriak-teriak sampai mulutnya berbusa dan tak juga laku..

lihatlah negeri di seberang sana...
walau tak lebih kaya dari kita namun bisa hidup lebih sejahtera...
mereka hijrah kemari karena disana tak ada yang mau menjadi pengikutnya..

aku sediih....
begitu banyak darah dan air mata yang sudah tumpah...
andainya kita semua bisa berkaca..
tentu kita akan makin bijak dalam berkata..
tentu kita tak kan bisa diadu domba..
dan mereka yang menjadi korban tidaklah mati dengan sia-sia...


(untuk para korban bom di Jakarta.. jkt...4.20 am/17-07-09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar