Rabu, 28 Oktober 2009

Aku Hanya Ingin Bertanya..........(Renungan Kemerdekaan.....)

ketika ku berjalan menyusuri lorong-lorong kecil sudut kota jakarta...
yang ketika berpapasan harus ada yang berhenti mengalah..
melewati tumpukan kayu dan kardus bekas yang berbentuk rumah..
beradu pandang dengan mata orang tua yang tampak lelah..
menghindari pandangan mata-mata kecil yang hampa..
aku bertanya dalam hati... apakah kita sudah merdeka??

ketika ku menyusuri jalan-jalan lebar yang tampak bersusun berdiri gagah..
di setiap perhentian lampu merah kulihat tangan menengadah..
memohon belas kasih dengan segala rupa dan upaya..
mengharap ada rupiah-demi rupiah kecil yang tertumpah..
aku kembali bertanya dalam hati... apakah kita sudah merdeka??

ketika malam kususuri jalan lebar benderang dengan cahaya lampu kilauan warna di tengah kota..
ku melihat banyak wanita berjejer dengan pakaian ala kadarnya berdiri menggoda..
menghampiri setiap jendela mobil yang terbuka dengan senyum yang terpaksa..
dengan mata berjaga-jaga serta siap lepas sepatu dan lari jika petugas tramtip tiba..
kembali lagi hatiku bertanya.. apakah kita sudah merdeka??

dan ketika aku menonton berita di televisi...
kulihat keluh kesah petani yang tak mendapat pupuk dan mahalnya bibit padi..
kulihat anak sekolah belajar dalam gedung tua dengan atap yang siap menimpa..
kulihat ibu-ibu jalan berkilometer dan antrii hanya untuk mendapatkan minyak tanah atau tabung gas LPG..
kulihat nelayan yang tak bisa melaut karena bahan bakar tak terbeli..
juga kulihat seorang ibu duduk dikursi tersangka karena menulis curhatan hati..
dan para koruptor dengan pakaian rapi datang dan pergi silih berganti...
makin keras hatiku bertanya.. apakah kita sudah merdeka...??

lalu ku tertegun memandang gedung-gedung tinggi yang semakin banyak berdiri..
melihat mobil-mobil mewah datang silih berganti...
melihat orang keluar masuk dengan pakaian rapi dan berdasi..
tampak sibuk hilir mudik dengan hape ditelinga kanan dan kiri...
banyak juga kulihat orang-orang yang bukan dari negeri ini...
aku berbisik dalam hati... apakah ini yang namanya merdeka??

aku juga melihat makin hari makin banyak mal berdiri seakan berlomba saling menandingi...
namun ketika kumasuk dan kupandangi ternyata diisi semua merk luar negeri..
kulihat mata-mata yang bangga ketika menenteng tas belanjaanya..
ku memandang orang-orang kita dengan senyum dan santun menjadi karyawannya..
menawarkan produk-produk luar negeri dengan dada membungah seakan mereka yang memproduksi..
dengan label harga tergantung tak kenal kompromi namun tak ada tawar menawar yang terjadi..
aku hanya bisa menggumam... inikah yang nemanya merdeka..??

aku juga datangi tempat hiburan yang mengundang dan memancarkan sejuta pesonanya..
kudengar canda tawa menggila dengan musik berdentum memekakkan telinga...
kulihat mereka bercengkrama dengan gelas ditangan dan botol-botol minuman di meja..
sebagian bergoyang dengan asyiknya sambil menutup mata....
dalam lampu yang temaram sebagian mengenakan kaca mata hitam..
aku ingin berteriak dan bertanya pada mereka... apakah ini yang namanya merdeka...??

aku hanya ingin bertanya....
apakah kita sudah benar-benar merdeka??
apakah kita tahu arti merdeka yang sesungguhnya??
apakah merdeka itu hanya milik kalangan tertentu saja??
apakah merdeka itu hanya slogan dan kata-kata??
aku hanya ingin bertanya..
dan aku tak menemukan jawabnya....


****

("jangan tanya apa yang sudah kita dapat dari negeri ini tapi tanyalah apa yang sudah kita beri")
(untuk kita renungkan: 17-08-09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar